fbpx

Masuk dan berkuliah di PTN favorit merupakan impian setiap pelajar Indonesia. Banyak cara yang dilakukan untuk diterima di PTN Favorit. Selain belajar giat dan mengikuti bimbel guna lulus SBMPTN. Kamu harus memiliki tips trick agar membuatmu lolos ke PTN favoritmu. Berikut 5 Tips Memilih Jurusan yang menjamin kamu Lolos SBMPTN.

1. Mengenali Potensi Diri

Kenalilah dirimu

Kenalilah dirimu

Sebelum menentukan PTN dan jurusan kuliah yang kita inginkan, kita wajib mengenali potensi diri kita terlebih dahulu. Tujuannya supaya kita bisa mengetahui jurusan yang cocok dengan sifat dan karakter kita.

2. Tentukan PTN dan Progam Studi yang Sesuai Profilmu

Tentukan Langkahmu

Tentukan Langkahmu

Nah kamu harus memperhitungkan kemampuan hasil pre tes atau try out kita. Jadi kalau nilai kita belum mencapai passing grade try out, mungkin kita bisa coba alternative PTN lain dengan passing grade yang lebih rendah.

3. Kepoin Pesaing Calon Mahasiswa Lain

Kepoin Pesaingmu

Kepoin Pesaingmu

Terlihat sepele? Karena kita tinggal di perkotaan besar?. Padahal, kita perlu tahu juga potensi tiap daerah. Mungkin saja ada satu daerah yang terkenal jago Matematika. Jadi, coba kita cari tahu soal pemetaan persaingan peminat Universitas negeri yang kita tuju. Agar bisa meningkatkan usaha kita memberikan hasil terbaik saat ujian nanti.

4.Usahakan ketiga Pilihan Berada dalam Jurusan yang Sama

 

Jangan Asal Milih Jurusan

Jangan Asal Milih Jurusan

Saat memilih jurusan tersebut pada ketiga pilihan, usahakan kamu harus mencantumkan jurusan yang sama walaupun universitasnya berbeda. Peluang kamu untuk lolos SBMPTN akan semakin besar. Karena perhitungan tersebut sangat logis dan tentu ada keseriusan kamu dalam memilih jurusan tersebut.

5.  Melakukan Strategi Kombinasi Pilihan Universitas

strategi kombinasi pilihan universitas.

strategi kombinasi pilihan universitas.

Kamu juga bisa melakukan strategi kombinasi pilihan universitas. Dalam SBMPTN, kamu bisa memilih 3 jurusan di 3 universitas yang berbeda. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi pemilihan jurusan. Dengan tidak bermaksud merendahkan universitas lainnya lho ya. Maka strategi ini bisa dilakukan dengan cara :

  1. Pilihan Pertama : adalah pilihan jurusan di Universitas ternama di Indonesia, misalkan UI, UGM, ITB, ITS, IPB.
  2. Pilihan Kedua : adalah pilhan jurusan di Universitas yang peringkatnya berada di bawah pilihan pertama.
  3. Pilihan Ketiga : adalah pilihan jurusan di Univeritas yang peringkatnya di bawah pilihan kedua.

Strategi ini bisa digunakan untuk kamu yang hanya berminat pada 1 jurusan saja. Misal kamu hanya berminat kuliah di jurusan Akuntansi. Maka strategi ini bisa kamu terapkan.

Demikian strategi pemilihan jurusan untuk SBMPTN yang akan kamu hadapi. Selamat mencoba dan Semangat ya! ⠀
Siap mencoba SBMPTN `19? ⠀

Schoters

The #1 and Largest Online Scholarship Platform.