fbpx

IELTS ? Apa Sih Itu?

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS pertama kali dikeluarkan pada tahun 1989 sebagai tes standar internasional kemampuan bahasa Inggris untuk mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. IELTS secara bersama-sama dimiliki dan dikelola oleh tiga organisasi, yaitu British Council, IDP, IELTS Australia dan Cambridge English Language Assessment. Bersama dengan TOEFL, IELTS adalah salah satu dari dua tes bahasa kemampuan bahasa Inggris utama di dunia. IELTS tersedia dan diakui di sebagian besar negara di dunia karena saat ini terdapat lebih dari 1,000 pusat tes yang terdapat di 140 negara.

Terdapat dua jenis IELTS yaitu Academic dan General Training. Jenis Academic ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah setingkat perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris, sedangkan General Training ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan pengalaman kerja atau pelatihan, sekolah menengah atau migrasi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Kedua jenis tes memiliki empat bagian yang sama yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking, tetapi pada General Training, soal yang diujikan pada bagian Reading dan Writing berbeda dengan jenis Academic. Pastikan kamu memilih jenis tes Academic jika kamu akan melakukan tes IELTS sebagai persyaratan bahasa Inggris untuk belajar di perguruan tinggi atau institusi setingkat di luar negeri.

Setiap bagian  Listening, Reading, Writing dan Speaking – memiliki batas waktu yang berbeda untuk dikerjakan, Listening selama 30 menit, Reading selama 60 menit, Writing selama 60 menit, dan Speaking selama 11-14 menit, sehingga total waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tes IELTS adalah 2 jam dan 45 menit. Listening, Reading, Writingdilakukan pada hari yang dalam satu waktu tanpa jam istirahat, sedangkan Speaking dapat dilakukan pada hari yang sama atau tujuh hari sebelum atau sesudah tes IELTS dilakukan.

Gimana Sih Tips dan Trik Dapat Band Score IELTS Yang Memuaskan

1. Listening – Biasakan Mendengarkan Konten Berbahasa Inggris

tips ielts

Biasakan Mendengarkan Konten Berbahasa Inggris untuk Melatih Listening dalam IELTS | Sumber Gambar Unsplash

Untuk membiasakan telinga anda dengan pronounciation IELTS sering mendengarkan tes listening model IELTS, melihat film asing tanpa subtitle, dengar music dan dengar game Bahasa Inggris. Tipsnya adalah sebelum mendengarkan, bacalah sekilas soalnya terlebih dahulu, sehingga anda bisa memprediksi apa kira-kira konteks dari rekaman suara yang akan anda dengarkan. Dan denganya, membuat sampean menjadi listening for purpose.

IELTS PREDICTION TEST DI JAKARTA! TERBATAS UNTUK 50 ORANG! KLIK DISINI

2. Reading – Buat Strategi Memahami Bahan Bacaan

tips iels

Jangan Asal Membaca, Kamu Harus Punya Strategi Memahami Bacaan | Sumber Gambar Unsplash

Musuh utama dari reading adalah waktu sangat terbatas. Tiap satu bacaan biasanya ada 13 pertanyaan yang terbagi menjadi 3 section.

Nah, agar hemat waktu. Tipsnya adalah pertama, baca judul teks dan kalimat pertama pada setiap paragraph untuk mengetahui secara general apa isi dari bacaan tersebut (teknik skimming). Kedua, baca semua pertanyaan terlebih dahulu, dan temukan bahwa beberapa pertanyaan saling berkaitan. Sering kali, pertanyaan pertama pada section pertama, pertanyaan pertama pada section kedua, dan pertanyaan pertama pada section ketiga saling berkaitan.

Ketiga, baca setiap paragraph dengan seksama, word by word, sentence by setence sambil mengingat pertanyaan-pertanyaan yang sudah anda baca sebelumnya (teknik scanning). Nah, dari beberapa kalimat yang sudah anda baca, anda akan bisa menjawab beberapa pertanyaan yang tidak berurutan sekaligus (Misal: dari paragraph pertama anda bisa menjawab soal nomer 1,2, 6, dan 10 ). Dan seterusnya samapai paragraph terakhir. Saya menemukan metode ini jauh lebih hemat waktu dari metode menjawab pertanyaan secara urut sesuai nomer pertanyaan.

Baca Juga: Tips Apply Beasiswa dengan Membangun Story

3. Writing – Perbanyak Membaca dan Menulis Ulang Apa yang Sudah Dibaca

tips ielst

Perbanyak Membaca dan Tulis yang Kamu Baca dengan Bahasa Sendiri | Sumber Gambar Unsplash

Umumnya bagian writing adalah bagian tersulit untuk test IELTS. Namun apabila di latih terus dengan sering menulis essay, artikel, opini public maupun journal writing akan terasa lebih mudah dan mengalir. Yang terpenting buat mapping terlebih dahulu, memetakan point point setiap paragraph yang akan ditulis.

Kemudian  untuk task writing yang panjang, anda akan dapat score yang tinggi jika mempu menuangkan critical thingking anda. Lagi-lagi critical thinking ini juga sangat luput dari perhatian sistem pendidikan kita, yang mana di Inggris critical thinking ini adalah inti dari sistem pendidikan di Inggris. Pendidikan kita lebih banyak menjadikan peserta didik menjadi penyimpan kumpulan fakta-fakta.

4.Speaking – Mulai Gunakan Skill Bahasa Inggrismu dengan Orang Terdekat

tips ielts

Mulai Gunakan Skill Bahasa Inggrismu saat Ngobrol Dengan Orang Terdekat | Sumber Gambar Unsplash

Untuk speaking tipsnya  di mulai dengan bicara sama keluarga terdekat, kakak,ibu, maupun dengan sahabat, teman kelas. Semakin kamu berlatih maka speakingmu akan semakin terlatih. Kemudian bisa juga belajar di youtube dengan pencarian World Champion of Public Speaking. Disini kita akan belajar bagaimana cara speaking di depan umum, dengan santai rileks dan membuat lawan bicara yakin dengan pendapat dan apa yang kita keluarkan. Kemudian setiap apa yang kita bicara jangan lupa di rekam agar bisa mengetahui sejauh mana kemampuan speaking kita.

Demikian, Semoga tidak tambah bingung dan Semoga Bermanfaat !

Baca Juga: 7 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa

~Schoter~

The Largest Online Scholarship Platform