fbpx

Skripsi merupakan tugas akhir sebagai syarat kelulusan mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana. Skripsi sering jadi momok bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan studinya. Untuk mempermudah jalan kamu menyelesaikan skripsi, berikut 8 tips yang bisa membantumu menyelesaikan skripsi dalam satu semester.

1. Pastikan Konsep Skripsi Sudah Dipikirkan Matang-Matang

Harus Punya Konsep

Harus Punya Konsep

Apa maksudnya matang-matang? Kalian harus mengerti apa yang akan kalian tulis, baik itu teori, konsep, maupun alur analisisnya. Jangan mengambil tema yang ‘wah’ namun kalian kesulitan mengerjakannya. Simpel tapi mengerti, itulah tema skripsi yang bisa berpeluang selesai dalam 1 semester.

2. Jangan Sia-Siakan Waktumu

Waktu Adalah Uang

Waktu adalah Uang

Jangan ditunda-tunda ya, guys. Semakin lama mengendap dalam pikiran, semakin susah untuk dikerjakan. Tulis! Kerjakan! Kesulitan, pertanyaan, kekhawatiran mutlak ada di sepanjang perjalanan kalian nanti. Jangan takut. Hadapi saja setiap fase nya. Saat kamu menemukan kesulitan, tanyakan pada dosen pembimbingmu.

3. Harus Punya Target

Harus Punya Target

Harus Punya Target

Bukan hal baru bahwa seseorang yang memiliki target akan lebih terdorong untuk mencapai tujuannya, seperti riset yang dilakukan oleh Suprayogi dan Valcke (2014) tentang goal settting dan goal orientation. Dalam hal ini kamu bisa menargetkan 1 bulan bisa menyelesaikan 1 bab!

4. Selalu Ada Progress Baru Tiap Minggu

ada progress

Ada Progress Baru

Dengan adanya progress bisa memacu kamu untuk mencapai target tiap minggu. Coba deh evaluasi progress kamu secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa tahu hal mana yang sudah mencapai target dan mana yang beum.

5. Luangkan Waktu 1-2 jam/hari untuk Mengerjakan Skripsi

Luangkan Waktu

Luangkan Waktu

Untuk menyelesaikan skripsi, kamu harus konsisten dalam mengerjakannya. Tidak usah berlama-lama setiap harinya, yang penting Rutin.

6. Berikan Reward pada Diri Sendiri

Refreshing Diri

Refreshing Diri

Ibarat mesin yang harus diisi dengan bensin, kita pun begitu. Hati dan pikiran harus dicharger dengan jalan-jalan atau melakukan hal yang kamu senangi setelah targetmu terpenuhi.

7.Bimbingan dan Cerita Teman yang Sudah Berhasil Sebagai Motivasimu

Cerita teman berhasil

Cerita Teman Berhasil

Jika kamu kesulitan mencari informasi dari perpustakaan atau internet, maka kamu bisa meminta motivasi dan sharing skripsi kepada teman atau seniormu terutama yang telah lulus.

8. Aktif Berkonsultasi

Aktif Berkonsultasi

Aktif Berkonsultasi

Rajinlah berkonsultasi ke dosen pembimbing atau dosen terdekatmu 2-4 kali seminggu. Langkahnya, buatlah kesepakatan dengan dosen mengenai waktu dan tempat konsultasi. Berkonsultasi bukan harus bertatap muka lho, di zaman era sekarang kamu bisa gunakan WA, Email dll. Manfaatkan sebaik-baiknya media sosialmu.

Semangat skripsi sampai akhir, ya!

Schoters

The #1 and Largest Online Scholarship Platform.