fbpx

Kuliah di Luar Negeri merupakan mimpi semua orang. Apalagi kuliah keluar negeri dengan beasiswa. Namun yang harus hunters ketahui, kuliah ke luar negeri dengan beasiswa membutuhkan banyak persiapan. Berikut Schoters lampirkan list persiapan beasiswa untuk mempermudah hunters dalam persiapan beasiswa.

Yuuuuk checklist persiapan beasiswa mu!

1. Paspor

Paspor

Paspor

Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki dan dilampirkan saat mendaftar beasiswa. Paspor dapat dikatakan sebagai pengganti KTP kita saat berada di luar negeri. Tidak punya paspor tentu akan berakibat fatal, sebab sudah pasti aplikasi kita akan ditolak oleh pihak pemberi beasiswa.  Sekarang, proses dan cara membuat paspor bisa dibilang sudah cukup mudah. Cukup dengan biaya sekitar Rp 300.000,00 kamu sudah bisa mendapatkan paspor.

2. Sertifikat Kecakapan Bahasa Inggris antara IELTS dan TOEFL  

contoh-sertifikat-IELTS

contoh-sertifikat-IELTS

Biaya untuk mengikuti tes International English Language Test System (IELTS) sekitar 3.25 juta Rupiah sedangkan  Test of English as a Foreign Language (TOEFL IBT) sekitar 3.4 juta Rupiah. Jadi sebelum mengikuti tes IELTS, persiapkan dengan matang ya belajar ieltsnya.

3. CV

Curriculum Vitae

Curriculum Vitae

Melampirkan Curriculum Vitae (CV) untuk  daftar beasiswa itu penting banget loh, guys. Coba deh bayangin, kita daftar beasiswa ke suatu institusi/Profesor yang sebelumnya tidak mengenal kita. Mereka bisa menilai kita dari mana?

Yap! CV ini bisa jadi modal awal kita buat ‘kenalan’ sama mereka. Makanya, penting banget nih membuat CV sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

4. Essay

menulis essay beasiswa

menulis essay beasiswa

Dalam semua aplikasi beasiswa, nampaknya essay menjadi hal yang sangat penting dan esensial. Karena lembaga pemberi beasiswa dapat menilai dirimu dari essay yang telah kamu tulis pada saat awal pendaftaran. Essay bisa berupa motivation letter, personal statement, research proposal atau study plan.

5. Melampirkan Ijazah dan Transkrip Nilai

Kamu juga harus melampirkan ijazah, transkrip nilai atau sertifikat prestasi sebagai pendukung (jika ada) yang sudah diterjemahkan dalam dalam bahasa inggris. Untuk menerjemahkan, biasanya menggunakan sworn translator. Jasa sworn translator memerlukan biaya sekitar Rp 150.000, 00/halaman. Biasanya Hunters menghabiskan dana sampai dengan Rp 300.000,00.

6. Surat Rekomendasi

Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa adalah surat yang dibuat oleh instansi pendidikan untuk menerangkan siswanya berhak untuk mendapatkan suatu beasiswa dari lembaga, baik itu lembaga swasta maupun pemerintah.

7. LoA Unconditional atau Conditional

LoA Leiden University

LoA Leiden University

LoA Unconditional  adalah surat pernyataan telah diterima di sebuah Perguruan Tinggi tanpa syarat. Artinya kandidat hanya tinggal melakukan registrasi ulang saja. Sedangkan  LoA Conditional adalah surat pernyataan telah diterima di sebuah Perguruan Tinggi dengan beberapa persyaratan tertentu. Artinya kandidat belum sepenuhnya dinyatakan diterima karena belum memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan. Umumnya persyaratan yang belum terpenuhi adalah persyaratan minimum skor bahasa.

Kalau kita ingin membandingkan. Ternyata untuk mendaftar beasiswa hanya memerlukan dana sekitar Rp 4.500.000,00 dibandingkan harus kuliah dengan uang pribadi yang menghabiskan dana puluhan juta. Hemat bukan?! Kalo Hunters sudah sampai mana persiapan beasiswanya?