fbpx

Memilih Negara tujuan studi sering kali membuat orang bingung dan sulit untuk mengambil keputusan. Ini dianggap sangat wajar mengingat banyaknya negara dengan perguruan tinggi yang sangat bagus. Apalagi yang dipilih nantinya juga berpengaruh dalam menentukan arah di masa mendatang. Ada juga yang ingin kuliah ke luar negeri gara-gara nonton film “Love in Paris” jadi pengen banget kuliah di Perancis. Ternyata, menentukan negara tujuan studi buat dapetin beasiswa gak sesederhana itu guys. Inilah hal-hal yang perlu Kamu pertimbangkan dalam memilih negara tujuan studi:

1. Memilih Negara Tertentu, Namun Tidak Mengecek Terlebih Dahulu Apakah di Negara Tersebut Ada Beasiswanya atau Tidak

Tidak Mengecek Ketersediaan beasiswa/unsplash

Tidak Mengecek Ketersediaan beasiswa/unsplash



Nah, ini salah satu kesalahan yang paling sering terjadi. “Kak, aku udah dapet LoA dari kampus A di Inggris/Jerman/Swedia. Beasiswanya apa ya?”

Jadi sebelum memutuskan mendaftar di salah satu negara kamu harus cek dulu apakah negara yang kamu tuju punya banyak pilihan beasiswa yang bisa mendanai studi kamu selama di sana.



2. Pengen Banget ke Negara Tertentu, Padahal

Belum Cek Apakah Jurusan yang Sesuai Ada Disana/Unsplash

Belum Cek Apakah Jurusan yang Sesuai Ada Disana/Unsplash


“Pokoknya aku ingin kuliah di negara A!” tapi pas ditanya ingin jurusan apa jawabnya, “Ga tahu, pokoknya ke negara A”. Ini salah satu kesalahan besar. Kamu bukan sedang mau travelling. Jadi jangan cuma milih negara karena terinspirasi film atau buku tertentu.

Boleh saja anda memilih negara karena terinspirasi film atau buku, tapi pastikan disana ada program atau jurusan terbaik di bidang yang ingin kamu pelajari. Tapi kalau jurusan terbaik ada di negara lain, kamu harus belajar merelakan.

3. Tidak Mengecek Bahasa yang Digunakan Sebagai Pengantar Perkuliahan.

Bahasa yang Digunakan Sebagai Pengantar Perkuliahan/unsplash

Bahasa yang Digunakan Sebagai Pengantar Perkuliahan/unsplash



“Kak, aku dapat beasiswa di negara ini nih. Tapi aku baru tahu kalau ternyata kuliahnya pakai bahasa sana dan ada pelatihan bahasa satu tahun. Padahal aku ingin cepat lulus. Bagaimana nih? Ambil atau ga ya?”

Ini nih, yang jangan sampai kejadian. Kalau kamu memang tidak ingin kuliah dengan bahasa asli negara tersebut. Sebelum mendaftar kampus dan beasiswa pastikan dulu program yang kamu ambil diajarkan dengan bahasa yang kamu inginkan. Kecuali kamu memang ingin belajar bahasa baru dan tidak masalah kuliah dengan bahasa baru tersebut.

4. Sudah Dapat Beasiswa, Tapi Ternyata Masih Belum Bisa Memenuhi Biaya Hidup Disana.

Dapat Beasiswa, Tapi Belum Memenuhi Biaya Hidup Disana/unsplash

Dapat Beasiswa, Tapi Belum Memenuhi Biaya Hidup Disana/unsplash


“Kak, aku dapat beasiswa A. Tapi setelah aku cek ternyata beasiswa yang aku dapat masih jauh dari biaya hidup disana :(. Gimana nih, apa disana nanti aku harus kerja?”

Ini yang akan terjadi jika kamu tidak melakukan riset tentang biaya hidup di suatu negara sebelum mendaftar beasiswa. Jika kamu ingin benar-benar fokus belajar dan tidak ingin diganggu aktivitas lain seperti bekerja, melakukan riset biaya hidup di suatu negara adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Jadi kamu sudah menentukan ke negara mana kamu ingin melanjutkan studi?Semoga tips di atas bisa membantu kamu yang masih bingung ingin ke negara mana untuk melanjutkan studi. 

~Schoters~

The #1 Largest Online Scholarship Platform