fbpx

Buat kamu yang mau daftar beasiswa, udah kepo-in proses seleksinya belum? Ternyata gak semua beasiswa punya skema seleksi yang sama loh! Sering banget para scholarship hunters nanya..

“Kak, kalo daftar beasiswa AAS kita harus punya LoA dulu gak?”

“Kak, yang bener daftar beasiswa dulu apa daftar universitas dulu?”

Pada dasarnya, daftar beasiswa atau daftar universitas itu tergantung skema pemberi beasiswa yang bersangkutan. Biar kamu gak bingung, ini dia 3 klasifikasi skema pendaftaran beasiswa:

1. Skema Pertama: Daftar Beasiswa Dulu Baru Daftar Universitas

 

Daftar Beasiswa/unsplash

Daftar Beasiswa/unsplash

Jenis beasiswa yang pertama ini mengharuskan kamu untuk mendaftar beasiswa terlebih dahulu. Setelah kamu berhasil “mengantongi” beasiswa, kamu baru mendaftar universitas yang kamu tuju secara mandiri.

Contoh beasiswa dengan skema ini adalah beasiswa Fulbright di Amerika Serikat, Australia Awards Scholarship (AAS), INPEX Scholarship di Jepang dan Monbukagakusho/MEXT jalur kedutaan di Jepang.



2. Skema Kedua: Dapat LoA Dulu Baru Daftar Beasiswa

Dapat LoA Dulu/Unsplash

Dapat LoA Dulu/Unsplash

Mungkin sebagian dari kalian udah banyak yang tau istilah Letter of Acceptance (LoA). Beberapa beasiswa mensyaratkan pendaftarnya buat melampirkan LoA ketika mendaftar. Jadi mau tidak mau kamu harus daftar ke universitas dan mendapatkan LoA terlebih dahulu, baru bisa mendaftar ke pemberi beasiswa. Contoh beasiswa dengan skema seperti ini adalah beasiswa STUNed di Belanda dan Eiffel di Perancis.



3. Skema Ketiga: Daftar Beasiswa dan Universitas dalam Satu Kali Proses

Daftar Beasiswa dan Universitas

Daftar Beasiswa dan Universitas/unsplash

Untuk jenis beasiswa yang ketiga ini mungkin sebagian besar kalian sudah familiar ya. Dalam jenis beasiswa ini, kamu akan mendaftar lewat sebuah platform. Disana kamu akan langsung memilih kampus tujuan sekaligus mendaftar beasiswanya. Contoh beasiswa dengan skema seperti ini adalah beasiswa Stipendium Hungaricum di Hungaria, Erasmus+ di Eropa dan KAUST di Arab Saudi.

Nah Itu dia informasi mengenai jenis skema pendaftaran beasiswa yang harus kamu tau. Jadi, beasiswa yang sedang kamu incar menggunakan skema yang mana?


Schoters

The #1 Largest Online Scholarship Platform